0
Dikirim pada 20 Oktober 2016 di Uncategories

Calon ibu yang sedang mengandung untuk pertama kalinya mungkin pernah berpikir apakah ASI bisa cepat keluar setelah melahirkan. Atau apakah ASI yang dikeluarkan akan cukup dan bisa mengalir lancar. Dan untuk ibu dengan payudara kecil, kekhawatiran mungkin bertambah dengan beberapa pertanyaan apakah ukuran payudara tersebut membuat produksi ASI semakin sedikit. Untungnya, hal tersebut tidak perlu menjadi bahan pikiran.


 


Ukuran payudara kecil atau besar ternyata tidak ada sangkut-pautnya dengan kuantitas ASI yang diproduksi setelah ibu melahirkan. Mengapa? Ukuran payudara wanita yang tidak mengandung biasanya ditentukan dengan berapa banyak lemak yang ada. Dan lemak ini tidak ada hubungannya sama sekali dengan jumlah ASI.


 


Jumlah ASI yang ibu keluarkan umumnya ditentukan oleh seberapa sering bayi menyusu. Semakin sering si kecil menyusu, semakin banyak pula ASI yang dikeluarkan oleh buah dada ibu.


 


Ketika hamil, hormon-hormon kehamilan membuat saluran ASI menjadi semakin banyak dan membesar. Hormon tersebut pula yang merangsang kelenjar susu di buah dada untuk mengeluarkan ASI dan mengirimnya ke saluran ASI yang berada di bawah puting dan daerah gelap di sekitar putting.


 


Dan tahukah bunda apabila buah dada akan membesar dan menjadi lebih berat selama kehamilan? Hal tersebut biasanya terjadi memasuki usia kehamilan delapan minggu. Dan bentuk payudara yang semakin besar itu akan sangat terlihat seiring dengan bertambah dekatnya waktu kelahiran. Jika pada saat ini payudara tetap terlihat kecil, jangan bersedih hati. Bunda bisa tetap menyusui Si Kecil, sama seperti ibu lainnya.


 


Tetapi, jika payudara ibu tidak membesar dan berubah selama kehamilan, serta tetap terasa lembut setelah persalinan, itu mungkin dikarenakan oleh tidak cukup banyaknya kelenjar susu penghasil ASI di buah dada. Bunda bisa mengunjungi dokter untuk meminta saran dan solusi untuk meningkatkan produksi ASI. Ibu juga bisa mencoba mengonsumsi ASI Booster Tea, pelancar ASI herbal.


 


Banyak hal yang memengaruhi jumlah produksi ASI selama ibu menyusui. Mulai dari kelahiran prematur, bunda yang kegemukan, bunda memiliki tekanan darah tinggi selama hamil, merokok, hingga mengonsumsi obat-obatan tertentu. Pernah menjalani operasi payudara, terutama operasi pengecilan buah dada, juga bisa menjadi penentu seberapa banyak ASI yang akan dihasilkan nantinya.


 


Meskipun memiliki payudara kecil, ibu juga bisa menyusui Si Kecil dengan normal. Namun, jika ada masalah selama menyusui, segera kunjungi dokter bunda untuk mendapatkan solusi dan saran. Nutrisi ibu menyusui.



Dikirim pada 20 Oktober 2016 di Uncategories
comments powered by Disqus
Profile

“ Haji/Hajjah Agus Nglurah ini masih belum mau dikenal orang, mungkin masih malu. “ More About me

Page
Archive
Categories
Statistik
    Blog ini telah dikunjungi sebanyak : 784 kali


connect with ABATASA